3 Perkara yang dicintai Abu Darda' r.a

Posted by Amir on 08:00 AM, 29-Aug-16

bersyukur.jpg

Abu Darda’ Rodhiyallohu ‘Anhu mengatakan:

“Tiga perkara yang aku cintai sementara manusia membencinya; kemiskinan, sakit dan kematian.
Aku mencintai kemiskinan karena (menimbulkan) rasa tawadhu’ kepada Robb-ku,
aku mencintai kematian karenan kerinduan kepada Robb-ku,
aku mencintai sakit karena (merupakan) penghapus kesalahan- kesalahanku”.

bersabar.jpg

[Siyar A’lamin Nubala’ biographi Abu Darda’]

MELIHAT CERMIN DIRI

Posted by Amir on 07:14 AM, 05-Aug-16

Thumbnail“Takwa adalah meninggalkan maksiat meskipun tidak ada yang melihat. Suatu ketika Rasulullah SAW ditanya oleh sahabat, ‘Apa yang paling banyak menyebabkan manusia masuk ke surga?’ Lalu, Rasulullah SAW menjawab, ‘Takwa kepada Allah dan akhlak yang baik.’ Beliau ditanya kembali, ‘Lalu, apa yang paling banyak menyebabkan manusia masuk ke neraka?’ Rasulullah menjawab, “Dua rongga, yaitu rongga mulut dan kemaluan.’ (HR Ibn... [Read More]

Cara Menghadapi Kematian

Posted by Amir on 07:10 AM, 04-Aug-16

ThumbnailAssalamu'alaikum wr wb Dalam kitab Al-Bidâyah, Ibnu Katsir bercerita bahwa Umar bin Abdul Azis melewati kuburan seraya berkata, "Wahai maut, apa yang engkau lakukan pada orang-orang yang aku cintai? Di mana engkau sembunyikan orang-orang yang aku sayangi, saudara, teman, serta kerabatku? Wahai maut, apa yang telah engkau perbuat terhadap mereka?" Saat itu, suasana sangat hening, karena tak ada yang menjawab ratapannya.... [Read More]

Jangan Terlalu Dalam

Posted by Amir on 07:29 AM, 03-Aug-16

Assalamu'alaikum wr.wb. Alkisah,,, Nasrudin Hoja merasa gusar dengan seorang hakim di daerahnya yang enggan untuk memberi tanda tangan. Berulang kali Nasrudin mendatangi hakim itu untuk mengurus suatu perjanjian. Tapi, hakim tersebut selalu beralasan sibuk dan tak punya waktu. Keadaan ini selalu berulang, hingga Nasruddin menyimpulkan bahwa hakim ini minta disuap. Mungkin gambaran seperti ini biasa terjadi di republik kita, jadi tak sukar... [Read More]

MyWapBlog Eight Anniversary Contest 2016 : Kutemukan Bakatku di Anniversary Mywapblog

Posted by Amir on 12:56 PM, 02-Aug-16

Cerpen ini menceritakan kisah seorang gadis lugu yang hoby menulis namun ia tak tahu kemana harus menyalurkan bakatnya. KUTEMUKAN BAKATKU di ANNIVERSARY MYWAPBLOG "Pagi semua,,,ada berita apa hari ini?" tanyaku saat melihat sahabat-sahabatku pagi-pagi sudah ngumpul. "pagi juga sell,, nih kami lagi ngerumpi ni,, cerita blog" sambung mia. "ehh,tunggu deh, kalian sedang membahas apa sih?, blog? Apaan thu?" OMJ Sell... Kamu nggak tau apa itu... [Read More]

AJARAN MAAF DAN SABAR DARI SANG NABI

Posted by Amir on 11:59 PM, 31-Jul-16

ThumbnailSahabat Anas r.a. menuturkan, “Aku pernah berjalan bersama Rasulullah SAW. Ketika itu beliau membawa selimut Najran, yang pada pinggirnya tebal. Dan, saat bertemu dengan seorang Badui, tiba-tiba ia menarik selendang beliau itu dengan tarikan yang sangat keras. Aku melihat leher Nabi SAW dan kulihat pada lehernya tampak bekas ujung selimut itu, karena kerasnya tarikan orang Badui itu. Lalu, orang itu... [Read More]

BELAJAR ZUHUD DARI IMAM AHMAD

Posted by Amir on 11:21 PM, 31-Jul-16

ThumbnailAbu Dawud menuturkan, “Majelis-majelis Imam Ahmad adalah majelis akhirat murni; di dalamnya tidak pernah disebutkan satu pun perkara dunia. Aku sendiri tidak pernah mendengar sedikit pun Ahmad berbicara tentang keduniawian.” Ishaq ibn Hani menyeritakan, “Suatu hari, Ahmad menemuiku, kemudian mengajak berdiskusi tentang zuhud. Aku lantas menggelar tikar untuknya dan memberinya sebuah bantal. Aku lihat dia memandangi tikar dan bantal itu, lalu... [Read More]

ADAB MENCARI ILMU MENURUT IMAM SYAFI'I

Posted by Amir on 09:44 PM, 28-Jul-16

ThumbnailAku melihat pemilik ilmu hidupnya mulia, meskipun ia dilahirkan dari orangtua yang terhina. Dia terus menerus menerus terangkat hingga pada derajat tinggi dan mulia. Umat manusia mengikutinya dalam setiap keadaan, seperti pengembala kambing ke sana sini diikuti hewan ternaknya. Tanpa ilmu umat manusia tidak akan merasa bahagia dan tidak akan mengenal halal dan haram. **** Diantara keutamaan ilmu kepada penuntutnya adalah semua umat manusia dijadikan... [Read More]

Catatan Imam At-tarmidzi

Posted by Amir on 09:06 PM, 28-Jul-16

ThumbnailSebagian ahli ibadah telah berhasil meninggalkan hawa nafsunya secara total. Ruh mereka telah terpikat dengan alam malakut. Mereka menikmati keindahan hidup. Melupakan segala kondisi yang terjadi di dunia, baik berupa kesulitan- kelap angan, kemuliaan-kehin aan, kenistaan-kenik matan, dan panas-dingin kehidupan. Semua kondisi ini pasti dialami mereka selama di dunia. Tapi, mereka bisa mencegahnya dengan cara tidak menyibukkan diri di dalamnya dan tidak meninggalkan tujuan... [Read More]

Perihal Kelembutan Hati

Posted by Amir on 09:46 AM, 26-Jul-16

ThumbnailAssalamu’alaikum Warahmatullahi wa Barakatuh. Saudara-saudaraku seakidah : Sesungguhnya kelembutan, kekhusyu’an serta keluluhan hati kepada Sang Pencipta dan Yang membentuk hati-hati tersebut merupakan suatu pemberian dari Ar-Rahman (Yang Maha Penyayang) dan sebuah karunia dari Ad-Dayyan (Yang membuat perhitungan) yang patut mendapatkan maaf dan ampunan-Nya. Menjadi tempat perlindungan yang kokoh dan benteng yang tidak dapat ditembus dari kesesatan dan kemaksiatan. Tidaklah hati... [Read More]

Nasehat Imam Al Ghadzali dalam Menyikapi Rezeki

Posted by Amir on 08:56 PM, 25-Jul-16

ThumbnailAssalamu'alaikum wr wb. Saudaraku... Kita memang diperintahkan oleh Allah SWT untuk berikhtiar, berusaha dan bekerja untuk mencari nafkah. Namun, seberapa besar rezeki yang kita peroleh sudah ditentukan dan telah dijamin oleh Allah. Maka, penting bagi kita untuk memahami konsep tawakal kepada Allah dan meyakini tentang jaminan Allah untuk makhluk-Nya. Imam Al-Ghazali mengatakan, “Hendaklah engkau tahu bahwa rezeki manusia itu telah dibagikan oleh Allah sebelum... [Read More]

Tangisan Imam Malik saat Berbuka Puasa

Posted by Amir on 11:33 AM, 14-Jun-16

ThumbnailImam Malik adalah pakar ilmu fiqh dan hadits serta pendiri Madzhab Maliki . Dalam sebuah riwayat , pada saat berbuka puasa di bulan suci Romadhon beliau menangis hingga cucuran air matanya membasahi janggutnya, lalu salah satu muridnya bertanya: Murid : ''Wahai guruku yang mulia, kenapakah Engkau menangis sedemikian sedih serta menyayat hati kami ? Apakah ada di antara kami yang membuat hatimu... [Read More]

9 Anak Syetan

Posted by Amir on 07:28 AM, 18-May-16

ThumbnailKhalifah Umar Bin Khattab R.A Umar al-Khattab r. a berkata, terdapat 9 jenis anak syaitan : 1. Zalituun Duduk di pasar / kedai / Mall kalo jaman sekarang..Menggoda supaya manusia berbelanja lebih dan membeli barang-barang yang tidak perlu. 2. Wathiin Pergi kepada orang yang mendapat musibah supaya bersangka buruk terhadap Allah. 3. A'awan Menghasut sultan / raja / pemerintah supaya tidak mendekati rakyat. Terlena dengan kedudukan /... [Read More]

Tanda Terhalangnya Rahmat Allah Swt dan Matinya Hati

Posted by Amir on 10:24 PM, 15-May-16

ThumbnailTanda-tanda Terhalangnya Rahmat Allah diantaranya: 1. Hilangnya kenikmatan rasa khusyu' dan indahnya bermunajat, 2. Tidak adanya keinginan untuk meningkatkan frekwensi ketaatan, 3. Tidak diterimanya do'a, 4. Keringnya air mata dan hilangnya isak tangis, 5. Kerasnya hati dan hilangnya pengaruh nasehat yang diberikan kepadanya., dll Adapun Tanda-tanda matinya hati diantaranya: 1. Tak lagi merasa kegelisahan karena dosa yang diperbuat, 2. Tak lagi merasakan kebahagiaan karena kebaikan yang dilakukan, 3. Merasa... [Read More]

Monyet Afrika

Posted by Amir on 02:15 PM, 12-May-16

ThumbnailDi Afrika, ada sebuah teknik yang unik untuk berburu monyet di hutan Afrika. Si pemburu menangkap monyet dalam keadaan hidup-hidup tanpa harus menggunakan senapan dan obat bius, dan tanpa cidera. Cara menangkapnya sederhana saja, pemburu hanya menggunakan toples berleher panjang dan sempit. Toples itu diisi kacang yang telah diberi aroma untuk mengundang monyet-monyet datang. Setelah diisi kacang, toples-toples itu ditanam dalam tanah... [Read More]

Si Budi Lagi Pusing

Posted by Amir on 08:43 AM, 12-May-16

ThumbnailSi Budi merasa istrinya semakin lama semakin egois dan kasar. Karena itu, mereka bertengkar setiap hari. Saking seringnya bertengkar, lelaki ini memiliki selingkuhan. Akhirnya, mereka bercerai dan sang suami menikah lagi dengan selingkuhannya. Sang mantan istripun tak lama kemudian menikah lagi. Mereka masih belum dikaruniai anak. pernikahan baru keduanya masing masing berjalan dengan sangat lancar. Tetapi setelah menikah, istri baru dari lelaki... [Read More]

Renunganku

Posted by Amir on 07:57 PM, 10-May-16

ThumbnailYang Membingungkan di Dunia ini adalah "Manusia". Karena dia "Mengorbankan Kesehatannya" hanya "Demi uang", Lalu dia "Mengorbankan Uang" nya demi Kesehatan". Lalu dia "Sangat Khawatir" dengan "Masa Depannya", sampai-sampai dia "Tidak Menikmati Masa Kini" Akhirnya dia "Tidak Hidup di Masa Depan atau pun di Masa Kini". Dia "Hidup Seakan-akan Tidak Akan Mati", lalu dia "Mati" tanpa "Benar-benar Menikmati" apa itu "Hidup". Bersyukurlah apa... [Read More]

Renungkanlah, Fikirkanlah

Posted by Amir on 07:36 PM, 10-May-16

Thumbnail"Jika engkau masih merasa takut dan berharap pada manusia, maka dia menjadi tuhanmu. Jika engkau masih menghadapkan hatimu pada harta dunia, maka engkau adalah budaknya, dan dia menjadi tuhanmu. Tak ada cinta yang paling abadi, kecuali cinta seorang hamba kepada Allah. Seorang pencinta tak akan meninggalkan kekasihnya, baik saat suka maupun saat derita. Wahai orang yang mengadukan musibahnya kepada makhluk, tanyalah dirimu, apakah... [Read More]

Sedekah

Posted by Amir on 07:08 AM, 09-May-16

Thumbnailsedekah Abu Hurairah r.a. menuturkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Setiap persendian manusia wajib bersedekah pada setiap hari di mana matahari terbit di dalamnya: engkau berlaku adil kepada dua orang (yang bertikai/ berselisih) adalah sedekah, engkau membantu seseorang menaikannya ke atas hewan tunggangannya atau engkau menaikkan barang bawaannya ke atas hewan tunggangannya adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah, setiap langkah yang... [Read More]

Jika ditanya "mengapa?"

Posted by Amir on 12:54 PM, 08-May-16

ThumbnailMENGAPA ORANG BAIK SERING TERSAKITI? Karena orang baik selalu mendahulukan orang lain. Dalam ruang kebahagiaannya, ia tak menyediakan untuk dirinya sendiri, kecuali hanya sedikit. MENGAPA ORANG BAIK KERAP TERTIPU? Karena orang baik selalu memandang orang lain tulus seperti dirinya. Ia tak menyisakan sedikitpun prasangka bahwa orang yang ia pandang penyayang mampu mengkhianatinya. MENGAPA ORANG BAIK ACAP DINISTA? Karena orang baik tak pernah mau membalas. Ia... [Read More]